Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Sakit Maag

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Sakit Maag


Manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh

Di dalam dunia industri pakaian, bagian biji buah alpukat diolah menjadi bahan pewarna pakaian yang tidak mudah luntur.

Sementara bagian batang pohon yang mudah terbakar biasa dijemur dan pada akhirnya dijadikan sebagai bahan bakar oleh penduduk desa.

Pada bagian kulit pohon terdapat senyawa yang akan memberikan warna cokelat suatu material atau bahan, biasanya perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk berbahan kulit memanfaatkan kulit pohon sebagai pewarna cokelat.

Dalam dunia farmasi, daun alpukat sejak lama dijadikan ramuan herbal untuk mengobati kencing batu, nyeri pada syaraf dan lambung, sakit kepala, darah tinggi, pemebengkakan saluran napas dan haid yang kurang teratur.

Sementara bagian biji yang kerap dijadikan pewarna pakaian juga bisa diracik sebagai obat sakit gigi dan diabetes.

Alpukat termasuk dalam rentetan menu buah-buahan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah mengandung lemak sehat tak jenuh yang bermanfaat untuk diet dan mengusir kadar lemak jahat dalam tubuh.

Alpukat biasanya dikonsumsi langsung yaitu dengan memakan daging buah alpukat dengan gula pasir atau tanpa gula, atau bisa juga dikonsumsi sebagai minuman jus yang menyegarkan.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Sakit Maag
Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Sakit Maag
Kandungan dalam buah alpukat diketahui sangat banyak jenis nutrisinya seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, dan juga potasoum, vitamin C, jadi sangat wajar saja kalau buah berdaging lunak ini begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat alpukat Selain itu, kandungan luar biasa dalam alpukat adalah asam lemak omega 3. Omega 3 bermanfaat dalam menurunkan kolesterol tubuh.

MyKuper akan mengupas tentang sekian banyak manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui, agar kecintaan kita kepada alpukat semakin tinggi sehingga kesehatan kita bagus.


Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

1. Manfaat alpukat Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium dalam alpukat menjadikan buah ini bagus dikonsumsi, karena bisa menstabilkan tekanan darah, sehingga darah selalu normal tidak tinggi dan tidak rendah.

2. Manfaat alpukat Mengatasi sariawan

Sariawan yang mengakibatkan bibir pecah atau luka ternyata juga bisa di atasi dengan alpukat. Alpukat mengandung vitamin C, inilah yang menjadikan buah ini bagus untuk mengatasi sariawan. Konsumsi buah alpukat secara rutin bisa menjauhkan anda dari infeksi dan sariawan.

3. Manfaat alpukat Menurunkan Kolesterol jahat

Kolesterol jahat dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya berbagai masalah tubuh yang berhubungan dengan darah. Bisa mengakibatkan terjadi plak pada pembuluh darah sehingga darah menjadi tidak lancar kejantung. Kolesterol bisa menjadi biang terjadinya penyakit jantung, stroke.

Untuk menghilangkan kolesterol bisa mengkonsumsi alpukat secara teratur, karena kandungan amega 3 dalam buah avocado bagus untuk menurunkan kolesterol.

4. Manfaat alpukat Mengontrol gula darah

Gula darah harus selalu stabil dan terkontrol, kalau tidak maka tubuh bisa menderita penyakit gula atau diabetes. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bisa menjaga resistensi insulin sehingga gula darah bisa terkontrol.

5. Manfaat alpukat Menjaga kesehatan rambut

Alpukat bisa menyehatkan rambut, bisa dengan mengkonsumsi secara langsung atau membuat masker rambut. Kandungan vitamin E dalam alvukat bagus untuk kulit sehingga folikel rambutpun bisa sehat dan ini akan berefek baik bagi pertumbuhan rambut.

Selain itu, bisa juga dibuat masker rambut. Masker rambut membuat rambut lembab, dan sehat.

6. Manfaat alpukat Menaikkan berat badan

Anda kurus atau berat badan anda tidak stabil, maka anda bisa membiasakan mengkonsumsi alpukat.

Dengan gizi dan lemak sehat dalam alpukat, maka massa tubuh anda bisa dinaikkan hingga menjadi stabil.

7. Manfaat alpukat Mengatasi lobang pada gigi

Gigi berlobang ada penyakit yang umum terjadi pada seseorang dan ini sangat menyakitkan. Dengan ada buah alpukat anda bisa mencoba untuk mengobati gigi berlobang, tetapi bukan dengan memakan alpukat melainkan dengan menggunakan biji buah alpukat.

Haluskan biji alpukat hingga seperti serbuk, dan masukkan kedalam gigi berlobang.

8. Manfaat alpukat Mengobati kanker

Ada penelitian terbaru mengenai minyak alpukat atau ektrak dari buah alpukat. Ektrak alpukat bisa untuk mengobati kanker seperti kanker kulit, kanker mulut, dll. Penelitian ini di uji coba pada binatang dan bisa menyembuhkan binatang dari kanker.

Sementara pada manusia ini penelitian harus dilakukan lebih lanjut untuk mengetahui bahwa alpukat bisa mengobati kanker atau tidak.

9. Manfaat alpukat Mengatasi peradangan

Penyakit yang muncul pada tubuh biasanya susah sembuh karena terjadinya peradangan. Kalau tidak ada peradangan maka penyakit luka apa saja bisa disembuhkan dengan cepat.

Maka, solusi yang ditawarkan agar tidak terjadi peradangan pada penyakit adalah mengkonsumsi buah alpukat. Buah ini bisa menghilangkan radang penyakit sehingga mempercepat kesembuhan.

 

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan


Para ahli juga sering melaksanakan serangkaian riset atau penelitian terhadap daging buah alpukat maupun kulit dan bijinya untuk memelihara kondisi kesehatan, menghindarkan penyakit, serta mengecilkan risiko terhadap gangguan kesehatan tubuh manusia.

Berikut hasil yang didapat dari banyapenelitian yang telah dilakukan para ilmuwan untuk mencari apakah betul banyak tersimpan nutrisi penting yang menghadirkan manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh.

1. Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu terungkap kabar bahwa nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif bila dimakan berbarengan dengan buah alpukat.

Sebagai pembuktian, dilakukan lagi sebuah riset untuk memastikan kebenaran hal tersebut.

Dua orang memakan salad yang salah satunya dimasukkan alpukat sementara satunya lagi tidak, setelah dicek ternyata benar satu orang yang makan salad yang di dalamnya terdapat alpukat membantu penyerapan nutrisi lima kali lebih baik ketimbang yang tidak.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia.

Lutein adalah bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut dokter, dalam tubuh setiap manusia terdapat sel kanker yang suatu saat bisa tumbuh, tergantung kondisi kesehatan tubuh masing-masing dan bagaimana cara seseorang memelihara kondisi kesehatan tersebut tetap stabil.

Sementara kaitannya dengan buah alpukat adalah dengan bantuan beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya mampu menghambat sel kanker serta mencari sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penyakit seperti Familial hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menjangkiti seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik).

Mengetahui buruknya hal tersebut akhirnya para ahli melakukan penelitian terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi untuk diperintah makan buah alpukat dalam kurun waktu satu minggu.

Alhasil mereka yang benar-benar rutin makan buah alpukat dalam waktu satu minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 17% tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik bagi kelangsungan fungsi organ jantung.

5. Sumber Glutathione Antioksidan

Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini.

Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.

Dikutip dari situs Merdeka, alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayur brokoli.

Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis.

Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

6. Mengandung Potassium

Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain.

Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang.

Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang.

Khasiat buah alpukat karena potassium tingginya antara lain:
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness
  • Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh

7. Tinggi Protein dan Lemak Tak Jenuh

Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut bisa menyuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia.

Disamping itu, juga terdapat lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan Anda yang nyatanya banyak mengandung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit.

Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai pengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.

Menurut USDA MyPlate dan Dietary Guidelines for Americans, alpukat menyediakan asam amino yang peranannya serupa seperti potassium. Yaitu membantu membangun dan memelihara otot serta jaringan-jaringan tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein. Apa itu Lutein?

Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Avocado Central, lutein tidak bisa disintesa oleh tubuh. Sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya.

Tetapi timbul kabar baik, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini. Anda bisa memperoleh lebih banyak lutein dari alpukat. Sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lutein terbukti terkonsentrasi pada makula mata yang dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap sehat meski di usia senja.

Jadi, bila Anda ingin tetap normal melihat indahnya alam pemberian Tuhan, maka rawatlah kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi buah alpukat.

9. Sangat Baik untuk Bayi dan Ibu Menyusui

Seperti yang kita ketahui bahwa daging alpukat begitu lunak sehingga balita-pun tidak kesulitan ketika mengonsumsinya.

Memberi asupan sehat sejak usia dini merupakan langkah tepat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas. Sebagai orang tua, sudah pasti harus memikirkan masa depan anak.

Oleh sebab itu, awali dengan pemilihan nutrisi sehat secara cermat, Berikan sang anak nutrisi sehat dari makanan yang nanti akan dijadikan kesukaannya, seperti buah alpukat.

Jangan terlalu 'mencekoki' dengan dalih agar suka, tetapi lakukan secara perlahan.

Jika sang buah hati mulai jenuh mengonsumsi bubur alpukat, Anda bisa mencari resep membuat makanan sehat pendamping ASI berbahan dasar alpukat.

Berikut ini resep kreasi alpukat untuk bayi:
  • Siapkan 1/8 buah alpukat matang dan segar, buah pisang tumbuk (bisa diganti dengan pir), dan yoghurt bayi rasa apapun.
  • Dalam wadah kecil seperti piring, tumbuk alpukat dengan buah lain, tuang yoghurt dan aduk. 
  • Sajikan ketika sang pelita hati sedang asyik bermain.

10. Memelihara Berat Badan

Anda sedang menjalankan diet rendah kalori? Tambahkan alpukat ke dalam daftar menu harian Anda.

Avocado Central menjelaskan bahwa proses pemeliharaan berat badan bisa dibantu dengan buah alpukat.

Alasannya karena bebas kolesterol dan rendah kalori, serta kehadiran buah yang baik untuk diet ini dapat menggantikan sumber lemak lain. 

Ketika dikonsumsi, alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang menunjang diet rendah kalori seseorang.

Jika Anda seorang pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasikan buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan.

Telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian Anda, sekitar 3 gram.

Manfaat buah alpukat bagi kecantikan tentu mengharuskan Anda melakukan perawatan secara rutin.

Sebagia contoh untuk scrub tangan dengan tujuan menghaluskan kulit lantaran nutrisi maupun senyawa di dalamnya yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan kulit, sama halnya dengan manfaat minyak zaitun.





Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Maag

Manfaat Alpukat bagi Asam Lambung - Maag atau yang lebih dikenal dengan asam lambung di zaman modern ini sangat mudah terjadi dan seringkali menyerang orang yang disibukkan dengan berbagai aktivitasnya.

Kenapa demikian, karena ini menyangkut dengan pola makan. Orang yang sibuk seringkali pola makannya tidak teratur, inilah yang menyebabkan maag atau asam lambung menyerang.

Bagi anda yang sakit maag atau asam lambung anda bisa menggunakan bahan makanan alami untuk meredam atau mengurangi asam labung, disamping menjaga pola makan agar teratur.

Makanan alami yang dimaksud adalah alpukat, kandungan gizi dan serat alpukat sangat bagus untuk kesehatan termasuk asam lambung.

Selain itu, dalam alpukat sarat dengan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, B komplek, E dan D. Kandungan vitmain-vitamin ini sangat bagus untuk mengatasi sakit maag dan lambung.


Manfaat Alpukat bagi Asam Lambung - Untuk mendapatkan manfaat buah alpukat bagi asam lambung anda bisa memakannya dalam bentuk jus tanpa es dan bisa juga dimakan langsung, memakan langusng lebih baik dan sehat.

Sebenarnya bukan hanya penyakit maag saja yang bisa diatasi tetapi juga beberapa penyakit lain juga bisa disembuhkan dengan sering mengkonsumsi alpukat.

Penyakit itu adalah menghilangkan kolesterol, menjaga berat badan tetap ideal, dan bahkan menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi alpukat bisa bermanfaat juga untuk mengurangi kerusakan hati akibat virus hepatitis.

Kalau membuat jus alpukat maka jangan menggunakan es dan gula, ganti gula dengan madu, karena selain sebagai pemanis madu juga bermanfaat untuk mengobati maag, Madu bisa melapisi organ pencernaan kita dan memberikan rasa dingin alami dalam pencernaan.

Maka para ahli lebih merekomendasikan penggunaan madu ketimbang daripada gula.

Selain daging alpukat yang bermanfaat untuk penyakit maag, ada lagi bagian dari alpukat yang bagus untuk kesehatan dan mengobati maad dan asam lambung yaitu apalagi kalau bukan biji alpukat.

Ambil biji alpukat dan bersihkan, kemudian parut dan tambahkan air bersih sebanyak 100 cc kemudian disaring dan diminum.

Bagi penderita maag yang belum parah bisa mengkonsumsi minuman biji alpukat ini sebanyak 1 kali sehari. Kalau maag anda sudah parah maka konsumsikan dua kali dalam sehari, atau konsultasi dengan dokter penyakit dalam.

Inilah manfaat alpukat bagi asam lambung atau sakit maag.

Maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah sehat ini dua kali dalam seminggu sebagai pelengkap diet harian anda. Semoga sakit maag anda hilang dan sembuh.


Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Manfaat Alpukat untuk Bayi - Buah alpukat adalah salah satu buah-buahan yang sangat penting dikonsumsi.

Bahkan buah ini dikatakan sebagai buah sempurna untuk kesehatan, karena semua zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terdapat dalam buah berwarna hijau ini.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik dalam buah alpukat sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan otak bayi.

Selain itu, manfaat buah alpukat bagi bayi tidak lepas dari kandungan asam folat, serat serta vitamin E.

Mengkonsumsi Alpukat bisa memenuhi 8% kebutuhan tubuh akan folat, 4% kebutuhan serat, vitamin E dan kalium, serta bisa memenuhi 2% kebutuhan zat besi.

Selain kandungan itu buah alpukat juga mengandung karatenoid dan beta karoten. Semua zat penting ini sangat dibutuhkan bayi dalam perkembangan sistem saraf pusat dan otak bayi.

Buah alpukat juga semakin berharga dalam kesehatan karena buah ini bebas kolesterol dan sodium ( unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Na dan nomor atom 11).


Manfaat Alpukat untuk Bayi

Manfaat Alpukat untuk Perkembangan Bayi

Agar bisa mendapatkan manfaat buah alpukat untuk bayi, maka waktu pemberian buah alpukat harus sedini mungkin yaitu ketika bayi masih dalam masa pertumbuhan pentingnya, ini dalam jangka waktu dua tahun pertama.

Jadi anda bisa memberikan alpukat pada bayi ketika bayi sudah 6 bulan hingga seterusnya. Selain memberikan alpukat anda bisa juga memberikan apel, pir dan buah pisang sebagai makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu).

Namun demikian, pemberian alpukat pada bayi juga harus diperhatikan masalah alergi, kadang ada sebahagian bayi yang tidak cocok dengan makanan sehat ini.

Kalau anak anda ada riwayat alergi kulit atau kulit sensitif, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter anda.

Resep Makanan Bayi dari Alpukat

1. Membuat Creamy Fruit Mash

Creamy Fruit Mash
Creamy Fruit Mash

Bahan:
  • 1 apel (atau bisa diganti dengan pear), kupas, buang biji dan potong dadu
  • 1/2 alpukat, kupas
  • Sedikit air

Cara Membuat Creamy
  • Masukkan apel di dalam panci kecil dan tambahkan sedikit air.
  • Didihkan perlahan sampai lunak.
  • Masukan apel yang sudah lunak ke dalam food processor dan haluskan.
  • Hancurkan alpukat, dan campurkan dengan puree apple.
  • Creamy Fruit Mash siap dihidangkan
  • Siap diberikan pada si mungil anda

2. Sweet Potato and Avocado Dinner

Sweet Potato and Avocado Dinner
Sweet Potato and Avocado Dinner

Bahan-Bahannya:
  • Kentang ukuran kecil
  • 1 buah alpukat, kupas
Cara Membuat Sweet Patoto
  • Panggang kentang (serta kulitnya) selama 45 menit hingga 1 jam sampai empuk.
  • Setelah dingin, kupas kentang dan hancurkan kentang dan alpukat bersamaan.
  • Siap dihidangkan.

Inilah beberapa manfaat alpukat untuk bayi serta resep makanan bayi dari alpukat dan perpaduan buah lainnya.

Jangan lupa berikan alpukat kepada bayi anda agar kebutuhan asam folat, serat serta lemak tak jenuh tunggal tercukupi untuk pertumbuhan otak dan fisiknya.

Tag : Manfaat alpukat, Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan, manfaat alpukat untuk diet, manfaat alpukat untuk ibu hamil, manfaat alpukat untuk kulit, manfaat jus alpukat, manfaat alpukat untuk bayi, manfaat alpukat bagi kesehatan, manfaat alpukat mentega, manfaat alpukat untuk rambut, mnfaat alpukat untuk sakit maag.